Bocor Alus


Selamat tahun baru 2016. Ya, ini postingan pertama gue di tahun 2016, yang sebelumnya di 2015 postingan gue di tutup dengan hantaman pertanyaan dari Ilzamoel Adib. 

"Sudah sesiap apakah kamuuuh untuk menikah?"

Pertanyaan yang membuat gue terngiyang-ngiyang di kepala, pertanyaan macam apa ini? Mungkin kamuh mengira gue sudah tua, dengan pertanyaan semacam ini. Gue gak setua yang kamuh bayangkan ko. 

Di tahun 2016 ini, gue sebenarnya sudah tidak melakukan ritual semacam membuat resolusi di awal tahun. Alasanya ya, gue sudah banyak membuat resolusi di tahun-tahun sebelumnya dan bukan belum ada hasil, mungkin banyak hal yang tidak sesuai dengan rencana. Tapi gue sadar ko, kalau kehidupan terkadang memang seperti itu, apa yang kita rencanakan kadang tidak sesuai dengan apa yang di rencanakan oleh Tuhan. Atau kalau kata Mba Haya, "kita tidak punya kuasa mendikte Allah untuk setiap keinginan kita. Allah punya cara sendiri untuk membahagiakan hambaNya, yang kadang sulit dimengerti atau bahkan sering kali di luar logika."

Jadi resolusi gue di tahun 2016 ini, tidak terbatas waktu, hanya berbatas kesempatan. Aih sedap, ini juga gue ngutip dari kata-kata Adib.  :p

Soal postingan Adib yang kemarin, atau kalau yang belum baca postingan sebelumnya, bisa klik di sini yang intinya postingan tersebut membahas tentang seorang jomblo (dibaca: Adib) yang usianya sudah uhuuk... dan kebanyakan alasan, katanya sih pengin inilah, pengin itulah, butuh inilah, butuh itulah, pencapaian inilah, pencapaian itulah, sholatnya masih senin-kamislah, belum siap jadi imamlah. Orang tinggal gelar sajadah Karena menikah bagi Adib adalah bukan tujuan hidup, tapi salah satu alat (dari banyak hal lain) untuk mencapai purpose of life. 

Jadi ini cowok maksudnya apa ya? Cowok gak laku, apa memang gak ada yang mau, eh maksudnya ini cowok memang gak laku, apa belum cukup modal, apa malah keduanya? Aduh maap Dib. :)) Kan kata kamuh gak perlu mewah yang penting gak susah. Hayoooo...

Kembali ke pertanyaan dari Adib, 

"Sudah sesiap apakah kamu untuk menikah?" 

Emmm... begini, gue akan jawab, tapi sebelumnya gue akan ngambil dari kisah Rosululloah SAW. Rosululloh SAW pernah bertanya, 

"Apa yang menghalangi Mukmin untuk menikah?" Mungkin maksudnya pertanyaan semacam ini, ditunjukan kepada seseorang yang seperti Adib.

 dan Rosululloh juga pernah bersabda, 

"Sholat yang didirikan oleh lelaki yang sudah menikah, lebih baik dari sholat malam dan berpuasa di siang hari yang dilakukan oleh seorang lelaki bujang." Nah ini, INI Dib, ini, lo beneran belum siap nikah? 

Cinta itu buta dan tuli
Tak melihat tak mendengar
Namun datangnya dari hati
Tidak bisa dipungkiri
Itu benar memang benar

Cinta itu ruang dan waktu
Tak sekejap harus mau
Cinta butuh ruang yang sepi
Tuk mengutarakan hati
Kamu aku bincang-bincang

Al Ghazali~Lagu Galau

Ya, intinya jawaban gue atas pertanyaan yang Adib ajukan sih, kalau sudah ada yang mau ya, gue siaap.

Aduh maap ya, terlalu berat nih materinya. Malah bahas Bab Nikah, Maap :))

Nih bonus:


#KodeKeras #BabNikah

Sumber Kutipan: http://ashabulkahfi-its.blogspot.co.id/2012/08/kajian-fiqih-bab-nikah.html
Previous
Next Post »

34 komentar

Write komentar
Niki Setiawan
AUTHOR
11 January 2016 at 05:59 delete

lah abang umurnya udah kepala 6 ya?
wah emang berat nih temanya tentang pernikahan

Reply
avatar
11 January 2016 at 06:03 delete

Jadi sudah ada calon? ? ? (#pertanyaan minta disembur)
#sungkem dulu da ah

Reply
avatar
11 January 2016 at 06:19 delete

Kasian adib .. aibnya dibuka di postingan ini .. hmmm

Alah paling alesan lo doang ziz ini mah buat nggak cepet2 nikah .. bilang aja belum ada pasangannya .. ya kan ?? BWAHAHAHAHAHAHAHAHA
KABORRRRRRR !!!

Reply
avatar
Aziz Rubangi
AUTHOR
11 January 2016 at 06:27 delete

Huahahaha masih muda ko, ini gagara Adib keparat. jadi bahas ginian.

Reply
avatar
Aziz Rubangi
AUTHOR
11 January 2016 at 06:28 delete

Mb Nita aduh tulisanya kotak-kotak mba, gak bisa kebaca.

Reply
avatar
Aziz Rubangi
AUTHOR
11 January 2016 at 06:33 delete

Azka keknya lo gagal paham deh,

Azka tau aja, sini lemparin gue jodoh

Reply
avatar
Rahul Syarif
AUTHOR
11 January 2016 at 07:26 delete

Ngebahas soal pernikahan. Emang sudah kawin nih ? :)

Reply
avatar
11 January 2016 at 07:28 delete

Di group temen-temen gue sekarang bahasnya juga nikah, bukan gebetan lagi-_-

Adib ini berpikiran panjang ya, bagus sih. tapi kalo kelamaan mikir, kapan kejadiannya? :P

Oiya, itu alesannya lo belum nikah bener-bener cuma itu kah?

Reply
avatar
11 January 2016 at 07:50 delete

Jiiis pliiis lu cari pacar aja dulu dah sanaaah! Stelah itu baru lu ajak nikah, miris jis gue bacanya, sumpaaah (>_<)}}

Reply
avatar
Ilzamoel Adib
AUTHOR
11 January 2016 at 07:51 delete

I'm good at breaking my own heart.

Reply
avatar
11 January 2016 at 17:30 delete

''kalau sudah ada yg mau, ya gue siap.''

Calonnya udah ada belom bang?
Lagu kekasihku Al Ghazali ditulis di sini. Ouwooo

Reply
avatar
Dian Eato
AUTHOR
11 January 2016 at 19:37 delete

Wah akhir2 ini topiknya kawin.. ngk di blog di medsos ngbhsnya itu jg.
Tapi emang sih tahun seginin musimnya 91,92,93 buat kawin. └(^o^)┘╰( ̄▽ ̄)╭

Reply
avatar
Ilzamoel Adib
AUTHOR
11 January 2016 at 22:31 delete

Dia lebih tua dr itu. Bye.

Reply
avatar
12 January 2016 at 00:36 delete

Ciyeeee bahas-bahas nikah. Semoga cepat dapat calonnya deh, Zis. Nggak usah bawa-bawa Adib segala deh, yang ngebet itu kan kamu ya? Huahahaha. *kabur naik buraq*

Reply
avatar
12 January 2016 at 01:14 delete

Anak sekolah mana tau soal nikah-nikahan :p

Yang penting semoga dapet pasangan yang terbaik kelak.

Btw, banyak banget tuh yang nge-fans sama Adib. Hahahaha

Reply
avatar
PEMUJA KASUR
AUTHOR
12 January 2016 at 12:51 delete

Duh, udah bahas bahas nikah...
daku mah apa :((

eh, emang calonnya udah ada ye bang? wkwkwkw

Reply
avatar
Puti Andini
AUTHOR
12 January 2016 at 13:22 delete

itu kenapa gue baca lirik lagunya sambil nyanyi wey :3
pacar aja masih virtual, gimana mau nikah nih :( uhuk.

Reply
avatar
12 January 2016 at 23:04 delete

itu namatemennya ada mirip nya sama nama saya. :D
yaah, mau gak mau kalo sudah umur, pernikahan juga harus dipikirin juga. tapi gausah di target selaw aja.

Reply
avatar
Nazmi Laura
AUTHOR
13 January 2016 at 05:41 delete

Jadi ... kapan nikah? Wkwkw kalem aja bang :D hidup adib!! :P

Reply
avatar
13 January 2016 at 05:58 delete

emang udah tua kan bang?? haha maafkeun ;)

mba Haya siapa tuh? kayaknya quote nya bagus deh. terus resolusi elu untuk tahun ini keren banget bang. walau rada2 gak paham gitu. tapi kata2 nya bagus haha

Reply
avatar
Dicky Renaldy
AUTHOR
13 January 2016 at 07:13 delete

bang nikahi aade bang, ade udah napsu sama abang :p

Reply
avatar
uben herdian
AUTHOR
13 January 2016 at 09:57 delete

bagian reefnya kurang tuh.. gue lanjutin deh.

mau bilang cinta tapi takut salah
(halo kenapa? mau bilang apa sih? bilang aja, gpp kok..)
bilang tidak ya?
bilang tidak ya?

*VersiBajakan

Reply
avatar
13 January 2016 at 20:05 delete

wah bang pengen cepet-cepet nikah ya, saya doain semoga cepet nikah :)

Reply
avatar
salaminzaghi
AUTHOR
13 January 2016 at 20:36 delete

fix dah lu emang udah kebelet nikah kayaknya haha
cepet2 cari calon bini lu, jangan main sama tangan mulu hahaha
kaburrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr ε=ε=┏( ˆ▽ˆ)┛

Reply
avatar
14 January 2016 at 21:18 delete

Biasanya yang jawab gini tuh pihak perempuannya, bang.
Wkwkwk

Reply
avatar
TATA TIRS
AUTHOR
15 January 2016 at 00:35 delete

Hahahha... berat jis beraatt pertanyaannya...

Emang lu udah kepala 4 jis?

Kalo cuma cari yang mau, kucing gua mau tuh jis..

Reply
avatar
Ilzamoel Adib
AUTHOR
17 January 2016 at 02:06 delete

Wah iya.. jangan jangan kita *****.

Reply
avatar
17 January 2016 at 06:11 delete

Kalo emang kalian sama-sama mau nikah, ya mending sama Adib aja, Zis. Muahaha. *kabur naek sepeda fixie*

Reply
avatar
18 January 2016 at 00:11 delete

wah iya jangan-jangan kita bintang-bintang yaa...

Reply
avatar
22 January 2016 at 08:45 delete

Aku kok jadi pengen buru-buru nikah ya :D wkwkwk

Reply
avatar
9 June 2016 at 23:52 delete

Artikel yang sangat menarik :D

http://clayton88.blogspot.com | http://bit.ly/1sUU8dl | http://goo.gl/lNMX3D | http://goo.gl/cAQcMp | http://goo.gl/97Yn1s | http://goo.gl/tw2ZtP | http://goo.gl/RkuB4G | http://bit.ly/1Mwgw3U | http://bit.ly/23ABPpR |

Reply
avatar

Terimakasih sudah berkomentar, semoga yang berkomentar sopan tidak sara atau saru dapat pahala, yang tidak komentar gue kutuk jadi cakep. ConversionConversion EmoticonEmoticon