Parodi Cerita Rakyat Roro Jonggrang


Pada suatu hari, sang putri Roro Jonggrang sedang shoping di mall. Setelah muter-muter keliling mall belanja-belanja pakaian branded, sang putri pun menghabiskan waktunya di salon, putri Roro ingin bergaya ala artis Jepang. Maka, rambutnya yang panjang dan lebat mirip iklan shampoo di tv, dipotong pendek. Kira-kira ukurannya sepundak. Iya, itu ala artis jepang Kiko miszuhara, yang lagi ngetren sekarang.

Roro Jonggrang adalah putri Raja dari Kerajaan Prambanan Jawa Tengah, usianya masih muda, gadis yang suka di sapa Roro ini anak semata wayang Raja, selain cantik, Roro jonggrang juga pinter, dan sholehah, pokoknya idaman para jomblo banget deh.

Prabu Baka, Ayah Roro yang sudah Haji tiga kali sangat menyayangi putrinya, apapun keinginan Roro, pasti dipenuhi. Roro pun dapat warisan dua gunung, dan satu bukit. Gunung yang ukuran besarnya tidak sama membuat Roro bingung, padahal kalau dilihat dari kejauhan bentuk gunungnya hampir sama. Tapi, setelah diukur gunungnya tersebut oleh team pengukur gunung, hasilnya memang beda. Akhirnya salah satu gunung yang ukuranya lebih kecil, Roro jual. Buat bisnis jual beli mobil mewah dan berlian, meskipun anak Raja, Roro tetap ingin jadi anak yang mandiri, tidak ingin merepotkan Bapaknya. Roro emang begitu orangnya.

Banyak jomblo yang ingin jadi kekasihnya Roro Jonggrang, salah satunya Bondowoso pria asal kerajaan Pengging. Bondowoso adalah lulusan S1 Teknik Sipil yang sangat menyukai kue Bandung. Bondowoso orang yang sangat jenius dan percaya diri, ia juga dikenal sebagai arsitek muda yang berbakat. Dengan kehebatan yang ia miliki, bondowoso pun jadi terkesan arogan. Meski demikian Bondowoso adalah pria yang baik.

Dengan muka pas-pasan kaya jomblo-jomblo ngenes, Bondowoso datang ke rumahnya Roro dengan niatan apel malam minggu, biar terlihat keren, Bondowoso datang membawa mobil sport seri terbaru, mobilnya yang mewah terparkir di halaman rumah Roro yang megah.

"Assalamualaikum..!"
"Waalaikum salam" Pintu dibuka
"Bu, Roronya ada?"
"Eh Bang Bonbon, ada, silahkan masuk." 

Lalu, ibu-ibu tua itu pergi memanggil Roro, setelah Bondowoso menunggu beberapa menit, Roro datang menemui Bondowoso.

"Eh elo Bond, mau ngapain lo kesini?" nadanya rendah dan males-malesan.
"Gue mau ngajak lo jalan, yuk.?"
"Gue lagi males Bond, gak pengin kemana-mana di rumah aja."
"Oh ya sudah kalau gitu, tapi gue mau ngomong penting."
"Ya udah, ngomong aja keles."
"Lo mau gak jad." 

Belum sempet selesai ngomong ada tukang mie tek-tek lewat depan rumahnya.

"Eh Bond, bentar ya gue mau beli mie tek-tek dulu."
"Et dah elo, anak raja doyan mie tek-tek."
"Lo mau gak?"
"Engg nganu, udah makan tadi."
"Ya wis kalau gitu."

Roro Jonggrang pergi meninggalkan ruang tamu, bergegas ke tukang mie tek-tek yang sudah jadi langganannya setiap malam. Bondowoso yang ditinggal sendirian di ruang tamu sedang asik dengan smartphone barunya, membales komentar temannya di facebook dan path, yang beberapa jam lalu telah diungahnya. Roro datang ke ruang tamu dengan membawa satu mangkok mie tek-tek kesukaannya.

"Seriusan lo gak mau Bond?"
"Serius, gue udah makan tadi."
"Oh gue tau lo gakdoyan kan, makan-makanan seperti ini?"
"Iya gue biasanya makan spageti, lagian kenapa lo di rumah reot ini, gak ke istana lo yang megah itu? Kan banyak makanan yang enak sudah siap tersedia, ada asisten rumah tangga, yang siap bantu lo kapan aja. Malah tinggal dirumah sendiri?"
"Gue gak pengin ngerepotin orang Bond, gue harus mandiri, biarpun status gue putri Raja, gue juga harus merasakan apa yang dialami jomblo-jomblo yang suka makan indomie kala akhir bulan."
"Gue salut sama lo, itu yang gue suka dari lo."
"Ya udah lo pulang gih, gue ngantuk, besok ada kuliah pagi."

Bondowoso pulang dengan sedikit kecewa, karena belum sempet ngungkapin perasaanya, meski begitu Bondowoso cukup bahagia sudah melalui malam bersamanya.

Setiba di kerajaan Pengging, Bondowoso terlihat murung. dari kemurunganya membuat Prabu Damar Maya Raja Pengging atau ayahnya Bondowoso, bertanya-tanya.


"Wahai anakku kenapa dikau terlihat murung?"
"Gue galau Beh."
"Anak jaman sekarang kalau galau pasti masalah cewek."
"Iya Beh, lagi suka sama Roro, anaknya Haji Sueb."
"Oh si Roro anaknya Prabu Baka?"
"Iya Beh, Bonbon suka dia beh."
"Ya sudah, siikaaat Bon!!!."


Ke esokan harinya, pagi-pagi sekali, Prabu Damar Maya dan anaknya Bandung Bondowoso sudah tiba di istana Baka. Kedatanganya di sambut dengan hangat oleh Prabu Baka. Bandung Bondowoso mengatakan bahwa dirinya ingin melamar anaknya Roro Jonggrang, kebetulan Roro sedang berada di istana, Roro pun dipanggil untuk menghadap ayahnya, untuk memberi jawaban atas lamaran Bandung Bondowoso. Roro Jonngrang menolak lamaran Bandung Bondowoso, alasanya lagi fokus belajar dulu.

Prabu Baka terkejut mendengar jawaban putrinya, karena Bandung Bondowoso adalah pria tampan, tajir, dan yang pasti masa depan cerah.

"Roro Jonggrang, gue akan buktikan ke elo, kalau gue adalah yang terbaik."
"Maaf ya Bon, kita temenan aja ya?"
"Tapi Ror, temen gue udah banyak."
"-__-"


Bondowoso dilanda galau, lalu dia curhat ketemen-temenya. Tapi tetap saja, rasa sedih masih menyelimuti, karena jaman dahulu  cari jodoh gampang-gampang susah. 

Seperti apa yang dikatakan ke Roro, Bondowoso akan membuktikan kalau dialah pria yang terbaik. Dan akan membuatkan 1000 candi untuknya, tidak mudah memang untuk mendapatkan cintanya, maka itu yang harus diperjuangkan.

Setelah bekerja membuat seribu candi beberapa tahun lamanya, Roro Jonggrang pun kagum dengan karya besarnya, lama-lama rasa cinta pun tumbuh ke Bondowoso setelah melihat perjuangan demi mendapatkan cintanya.

Dengan demikian mereka saling jatuh cinta, Roro dan Bondowoso menyebarkan undangan pernikahanya seminggu sebelum hari H. Tetapi pada saat itu juga ayah Roro tiba-tiba kena serangan jantung, dan meninggal. Disitu kadang merasa sedih, pernikahanya pun harus dibatalkan. Karena menurut adat Jawa kalau ada sodara yang meninggal apalagi orang tuanya  yang meninggal kalau mau melaksanakan pernikahan itu harus ganti tahun.

Mau tidak mau Bondowoso pun kecewa lagi, harus menunggu lagi, setelah apa yang diperjuangkan sudah cukup lama.

Bandung Bondowoso yang tidak sabar nunggu setahun, hasrat-hasrat terpendam pun ingin dikeluarkan. Bondowoso pergi ke kafe-kafe dangdut dan berselingkuh dengan AA.

Roro yang mengetahui perselingkuhanya, sangat marah, kecewa, dengan perbuatan Bondowoso. Roro pun mengutuk Bondowoso jadi patung.

TAMAT.

Ini gue lagi kutan GA~nya Dida di sini Parodi Cerita Rakyat, Roro Jonggrang dari Yogya Karta. Banyak keluar jalur dari cerita aslinya. Ya namanya juga parodi. Gue mohon maaf yang sebesar-besarnya jikalau ada yang tersinggung, bukan niatan merusak, sekedar humor semata. Semoga Menang  dapat Buku satu kardus. Amin
Previous
Next Post »

39 komentar

Write komentar
Beby Rischka
AUTHOR
14 May 2015 at 21:28 delete

Bruakakakak.. Bondowoso hartanya selangit euy. Kalok modusin AA mah gampil. :P Dasar Roro-nya baperan.. Diajak pacalan malah ngga mau.. Apeu. -_-

Reply
avatar
15 May 2015 at 00:59 delete

What the fuck, AA dibawa-bawa segala. Haha. Itu nama kerennya Bondowoso jadinya Bond ya? Mas Bond, tembak adek dong Banggggggg :))
Semoga dapat ya buku satu kardusnya, Ziz.

Reply
avatar
Ipah Kholipah
AUTHOR
15 May 2015 at 21:11 delete

komentar dulu deh hehehe ga papa kan :) sekarang baru baca :p

Reply
avatar
azizi rubangi
AUTHOR
17 May 2015 at 02:32 delete

Gimana Beb biar bisa sama AA?
Ajarin gue hahah

Reply
avatar
azizi rubangi
AUTHOR
17 May 2015 at 02:33 delete

Buahahahahaha Iya AA itu temen lo ya?

Reply
avatar
18 May 2015 at 03:33 delete

ga kebayang roro jonggrang bawa tas branded

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
18 May 2015 at 04:48 delete

Elu sehat jis? Kayaknya kebanyakan ngisepin oli rante deh..
Semoga menang ya!

Soal header, email gua aja men! :)

Reply
avatar
oh andrian
AUTHOR
18 May 2015 at 06:22 delete

kamvrett gokil,ngakak bacanya, aku malah ngebayangin yg aneh2 baca ini -_-'
AA itu yg lagi terkenal di tv kan xD

Reply
avatar
i Jeverson
AUTHOR
18 May 2015 at 07:35 delete

bahahaha, ngakak deh ini.
itu sejak kapan roro jonggrang belanja di mal....
SEJAK KAPAN -_____-

Reply
avatar
18 May 2015 at 08:00 delete

dulu waktu masih kecil denger cerita ini, kayaknya si Bandung Bondowoso ini berwibawa banget . . tapi dipostingan ini kenapa malah jadi cemen abis yes , ,??
Udah gitu, panggilannya si Bond lagi . . bond cabe kali . . -_-

Hahaa . . Kampret, udha gitu si bondowoso yang dikutuk jadi patung, aturan kan roro jonggrang yang dikutuk . .
Absurd Abis lah . .

Reply
avatar
18 May 2015 at 09:09 delete

Absurd abis. Jujur ya, Zis, dialognya banyak yang kurang penting. :))

Tapi, gapapa. Maksud dari cerita lu gue paham, kok.
Semangat! Semoga menang. :D

Reply
avatar
18 May 2015 at 14:00 delete

Kampret banget bawa bawa AA....
Njirrr.... Absurd ini dialognya...

Udah panggilannya bonbon lagi -_-

Reply
avatar
How Haw
AUTHOR
18 May 2015 at 14:01 delete

-__- bon-bon. Kayak sejenis lem yang gue isep. :x Itu AA semenggoda apa sih? *cari di gugel ah*

Kemarin aku baca yg Jaka Tarub. Kampret emang ini ide GA-nya. moga menang Ziz. \m/

Reply
avatar
18 May 2015 at 20:47 delete

wkwkwk asli ngakak, coba di jadiin fil parodinya pasti tambah lucu

Reply
avatar
19 May 2015 at 02:23 delete

Ahahahaha. Gila ini parodinya. Melenceng jauh dari cerita aslinya. Saya malah ngebayangin Roro Jonggrangnya adalah Roro Fitria. :D

Reply
avatar
20 May 2015 at 00:58 delete

cerita roro jongkrang versi Jomblo ini mah :v

Reply
avatar
21 May 2015 at 02:35 delete

Ini pasti roro fitria sama si AA yang lagi ngetop itu yaa...?! Semoga menang GA-nya ya... Ikutan GA-nya Mas Adam di blog saya juga!!

Reply
avatar
Chisana Sekai
AUTHOR
22 May 2015 at 00:25 delete

Prabu Baka = Prabu Bodoh ?

Jir nyesek Friend Zone untung ga Brother Zone juga :v

Reply
avatar
Deva Fredeva
AUTHOR
22 May 2015 at 09:24 delete

ANJIR SIAH NGAKAK AING BHAHAHAHAK!
ITU KENAPE SI BONDOWOSO NAMANYA JADI BONBON. HAHAHAHA. BODO AMAT GUE KOMENNYA GAK NYANTE ASLI INI NGAKAK!!!
Etapi si Roro katanya tinggal sendiri, kok yang bukain pintu nyokapnynya?

Reply
avatar
Renggo Starr
AUTHOR
22 May 2015 at 20:57 delete

Waparah..
Semoga ga ditimpukin masyarakat Jogja ya, haha.

Btw, semoga menang XD

Reply
avatar
azizi rubangi
AUTHOR
23 May 2015 at 02:16 delete

Iya Ta gue yang menang HAHAHA
gue gak nyangka menang

Eh Gue udah email lo.

Reply
avatar
azizi rubangi
AUTHOR
23 May 2015 at 02:17 delete

Jangan bayangin yang aneh-aneh bro

Iya Itu yang lagi buming di TV

Reply
avatar
azizi rubangi
AUTHOR
23 May 2015 at 02:20 delete

Hahaha Bondowoso ikut member JKT jadi wota makanya cemen

Reply
avatar
azizi rubangi
AUTHOR
23 May 2015 at 02:21 delete

Iya Yog Makasih.

Alhamdulillah gue MENANG GA-nya

Reply
avatar
azizi rubangi
AUTHOR
23 May 2015 at 02:22 delete

Iya itu panggilan yang keren, yg paling keren dibanding wos wos

Reply
avatar
azizi rubangi
AUTHOR
23 May 2015 at 02:23 delete

Iya Makasi How

Gue yang menang haha

Reply
avatar
azizi rubangi
AUTHOR
23 May 2015 at 02:24 delete

Gue gak jago bikin film :(

Reply
avatar
azizi rubangi
AUTHOR
23 May 2015 at 02:34 delete

Terima kasih sudah berkunjung

Reply
avatar
azizi rubangi
AUTHOR
23 May 2015 at 02:36 delete

HAhaha itu AA, Roro tetangga gue mas

Reply
avatar
azizi rubangi
AUTHOR
23 May 2015 at 02:38 delete

Iya nyokapnya lagi jengukin roro, bentar juga balik hahaha

Reply
avatar
azizi rubangi
AUTHOR
23 May 2015 at 02:40 delete

Waduh jangan dong, cuman hiburan semata

Reply
avatar
Beby Rischka
AUTHOR
24 May 2015 at 16:52 delete

Gampang aja sih.. Siapin aja duit 80 juta.. Bahahah! :P

Reply
avatar
24 December 2015 at 17:39 delete

Gila, storyline-nya kece abis. Nggak abis pikir Roro Jonggrang yang di cerita ini; suka mie tek-tek. :)) x))
Eta ditanya baik-baik sama ayah Bondo eh dijawab, "gue lagi galau, beh" anjirrrrr ngajak ribut da kalo aku jadi bapaknya wk.

Reply
avatar

Terimakasih sudah berkomentar, semoga yang berkomentar sopan tidak sara atau saru dapat pahala, yang tidak komentar gue kutuk jadi cakep. ConversionConversion EmoticonEmoticon